Thursday, September 30, 2010

perangkat lunak komputer standar penunjang internet

A. Pengelompokan Perangkat Lunak
Komputer tidak akan berguna tanpa keberadaan perangkat lunak (software). Komputer bekerja atas dasar instruksi. Sekumpulan instruksi inilah dikenal dengan istilah program atau program komputer.
Perangkat lunak dapat dikelompokan sebagai berikut :
1. Program Sistem (sering kali disebut perangkat lunak pendukung atau support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan peranti masukan/keluaran. Program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer.
Program sistem dapat dikelompokan menjadi 3 :
􀂙 Program pengendali sistem adalah program yang mengendalikan pemakaian perangkat keras,perangkat lunak dan data pada komputer selama program ini dijalankan. Misalnya sistem operasi.
􀂙 Program pendukung sistem adalah program yang mendukung operasi,manajemen, dan pemakai sistem komputer dengan menyediakan bermacam-macam layanan. Termasuk dalam kelompok program ini adalah utilitas,pemantau kinerja sistem dan pemantau keamanan.
􀂙 Program pengembangan sistem adalah program yang ditujukan untuk membantu pemakai dalam membuat/mengembangkan program. Termasuk dalam kategori ini yaitu compiler dan interpreter.
2. Program Aplikasi (seringkali hanya disebut aplikasi saja) adalah program yang dibuat oleh pemakai yang ditujukan untuk melakukan suatu tugas khusus. Program ini dikelompokan menjadi 2 yaitu :
􀂙 Program aplikasi serbaguna adalah program aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai untuk melaksanakan hal –hal yang bersifat umum (misalnya untuk membuat dokumen atau untuk mengirim surat secara elektronis) serta untuk mengotomasikan tugas-tugas individual yang bersifat berulang (misalnya untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang bersifat rutin) termasuk dalam kategori ini antara lain adalah DBMS sederhana, Web browser,surat elektronis,pengolah kata (word processor),lembar kerja (spreadsheet) dan program presentasi. Program aplikasi serbaguna sering disebut perangkat lunak pemakai akhir (end-user software).
􀂙 Program aplikasi spesifik adalah program yang ditujukan untuk menangani hal-hal yang sangat spesifik. Misalnya,program pada sistem POS (point-of sale) dan ATM. Termasuk dalam kategori ini adalah program yang disebut sebagai paket aplikasi atau perangkat lunak paket. Contoh Deac Easy Accounting (DEA) yang dipakai untuk menangani masalah akuntansi.
B. BERBAGAI PERANGKAT LUNAK
1. Spreadsheet
Adalah program serbaguna untuk mengelola data dalam bentuk tabel dan dapat melakukan perhitungan-perhitungan secara dinamis terhadap data.
2. Word Processor (pengolah kata)
Adalah nama umum untuk program yang digunakan membuat dokumen.
3. Program Presentasi
Adalah program yang digunakan untuk membuat bahan presentasi dan sekaligus untuk berpresentasi. Contoh program presentasi Power Point dilingkungan windows dan StarOffice Impress dilingkungan Linux.
4. Image Processing
Program pengolah citra (image processing) adalah program yang digunakan untuk memanipulasi citra (gambar ataupun foto). Contoh program ini adalah Adobe Photoshop dilingkungan windows,dan GIMP di lingkungan Linux.
5. Surat Elektronis
Program komunikasi menyediakan sarana untuk melakukan komunikasi antar pemakai secara elektronis. Yang paling umum banyak digunakan adalah program yang digunakan untuk menerima atau mengirimkan surat elektronis (e-mail).
6. Groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan kolaborasi,yakni membantu sejumlah orang untuk menangani pekerjaan kelompok. Perangkat lunak ini mendukung sarana kolaborasi seperti surat elektronis,basis data,grup diskusi,penjadwalan dan lain-lain. Contoh groupware antara lain : Lotus Notes,Novell Groupwise,Microft Exchange dan Netscape Communicator.
7. DBMS
Adalah program yang ditujukan untuk melaksanakan manajemen data. Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk menyimpan data,memanipulasi data dan mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat. Contoh Microsoft Access dilingkungan windows dan MySQL dilingkungan Linux.
8. Personal Information Manager
Personal Information Manager (PIM) merupakan program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi pribadi. Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas seperti menyimpan dan mengorganisasikan informasi pelanggan atau klien maupun untuk mencatat jadwal pertemuan. Contohnya Lotus organizer dan Microsoft Outlook.
9. Web Browser
Adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengakses informasi web ataupun untuk melakukan transaksi via web. Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator merupakan contoh browser yang terkenal dilingkungan windows.
10. Software Suite dan Paket Terintegrasi.
Software Suite adalah kumpulan kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa yang terkenal adalah Microsoft Office,Lotus SmartSuite serta starOffice.
C. PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA
Dengan semakin maraknya penggunaaan multimedia untuk berbagai keperluan, industri perangkat lunak multimedia juga berkembang dengan pesat. Sebagaimana diketahui,multimedia adalah teknologi yang menggabungkan kemampuan teks,gambar,suara,animasi gambar dan video.
Beberapa perangkat lunak yang terkait multimedia antara lain :
􀂙 Adobe premiere : Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat film dalam berbagai format seperti Microsoft AVI (*.AVI) dan QuickTime (*.MOV)
􀂙 Winamp : Perangkat lunak untuk memainkan berbagai jenis berkas audio, seperti MP3
􀂙 Jet-Audio : Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengonversi suara dalam kaset atau VCR menjadi data digital.
􀂙 Macromedia Shockwave : Perangkat lunak untuk membuat halaman web yang dilengkapi dengan audio dan animasi
D. SISTEM OPERASI
Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer dan perangkat keras komputer.
Tujuan sistem operasi adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan pemakai dapat menjalankan program apa pun dengan mudah.
Fungsi Utama Sistem Operasi :
1. Manajemen proses mencakup penyiapan,penjadwalan dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang sedang dijalankan.
2. Manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh program sistem maupun program komputer. Yang dimaksud dengan sumber daya disini adalah komponen perangkat keras dalam komputer seperti CPU,memori utama, dan peranti masukan/keluaran.
3. Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran,termasuk dalam hal pengalokasian dalam peranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
Berkaitan dengan penanganan proses yang dilakukan oleh sejumlah pemakai dikenal dengan istilah seperti :
1. Multiprogramming
Merupakan suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer, berbagi sumber daya dalam waktu yang berlainan. Sebagai contoh, dalam satu waktu sebuah program sedang menggunakan CPU,, sedangkan program yang lain menggunakan printer. Di dalam sistem multiprogramming, sebuah program dijalankan dalam CPU sampai terjadi suatu interupsi, seperti permintaan masukan. Pada saat program meminta masukan, program berikutnya
yang telah dimuat dalam memori akan dijalankan sampai terjadi interupsi. Ketika pemrosesan interupsi telah berakhir, kontrol dikembalikan ke program yang dienterupsi. Siklus seperti diulang sehingga program-program yang telah dimuat memori utama akan diproses.
Kelemahan sistem multi programming adalah tidak memungkinkan pemakai berinteraksi dengan proses. Segala masukan ditangani dengan kartu control yang dikenal dengan sebutan kartu plong.
2. Time-Sharing
Adalah suatu metode yang dipakai sistem operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama. Cara seperti ini umum dalam sistem PC. Dengan menggunakan sistem operasi windows, sesorang dapat menjalankan program Word untuk membuat dokumen dan sekaliguis menjalankan program excel untuk membuat perhitungan-perhitungan dalam tabel. Pemakai dapat berpindah dari satu program ke program lain dengan mudah dan setiap program tetap dieksekusi oleh CPU.
3. Multiprocessing
Adalah suatu kemampuan sistem operasi yang menjalankan dua atau lebih interuksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer.Dengan pendekatan seperti ini, sistem operasi dapat mengatur agar sejumlah CPU menjalankan instruksi-instruksi yang berbeda yang terletak dalam sebuah program dalam waktu yang sama.
E. UTILITAS
Adalah program Bantu yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem, misalnya untuk melakukan defragmentasi data pada hardisk. Dilingkungan windows program-program seperti Scandisk, disk cleanup dan disk defragmenter, yang tergolong dalam sistem tool, merupakan contoh utilitas.
F. BAHASA PEMROGRAMAN
Telah diketahui bahwa program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur perangkat keras komputer agar melakukan tindakan tertentu. Kegiatan yang berkaitan dengan penulisan program biasa disebut dengan pemrograman.
Karakteristik bahasa pemrograman bergantung pada tujuannya, sebagai contoh, program yang ditujukan untuk pemrosesan secara batch berbeda dengan program yang ditujukan untuk pemrosesan real-time.
Evolusi bahasa Pemrograman
Bahasa-bahasa yang digunakan untuk mengatur perangkat keras telah mengalami evolusi beberapa kali . Sampai sejauh ini dikenal adanya 5 generasi bahasa pemrograman.
􀂙 Bahasa pemrograman generasi peratama
Menggunakan bahasa mesin untuk menyatakan instruksi bagi komputer. Tentu saja bahasa ini sangat sulit dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram, selain itu setiap mesin memiliki kode tersendiri.
􀂙 Bahasa pemrograman generasi kedua
Menggunakan bahasa rakitan sebagai pengganti kode-kode biner, digunakanlah kependekan dari kata-kata, misalnya MOV untuk menyatakan “Move” dan JNZ yang berati “jump non-zero” atau “lompatlah kalau tidak sama dengan nol”. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin karena mengingat perintah dalam kata-kata yang dipendekan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.
􀂙 Bahasa pemrograman generasi ketiga
Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan procedural. Sebagai bahasa pemrograman perlu menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu ke layar dan READ untuk membaca data dari keyboard.
Namun mengingat komputer sesungguhnya hanya mengenal kode dalam bentuk biner, program yang ditulis oleh pemrogram perlu diterjemahkan kedalam bahasa mesin dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut penerjemah bahasa (language translator). Program penerjemah inilah yang mengubah program beraras tinggi (yang disebut sebagai kode sumber atau source code) ke dalam kode mesin (yang disebut sebagai kode objek atau object code).
Penerjemah dibedakan menjadi :
1. Kompiler
Adalah program penerjemah yang mengkonversi semua kode sumber menjadi kode objek. Hasil berupa kode objek inilah yang bisa dijalankan oleh komputer. Perlu diketahui proses untuk melakukan penerjemahan biasa disebut kompilasi.
2. Interpreter
Adalah program yang menerjemahkan per satu instruksi dalam kode sumber dan kemudian segera menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan tersebut.
􀂙 Bahasa pemrograman generasi keempat
Bahasa pemrograman ini dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat program sehingga diharapkan produktivitas pemrograman meningkat dan program dapat dibuat dalam waktu yang lebih pendek. Bahasa pemrograman generasi keempat biasa dikenal dengan sebutan 4GL dapat dipakai oleh pemakai yang kurang mengetahui hal-hal teknis tentang pemrograman tanpa bantuan pemrograman professional.
Bahasa generasi keempat mendukung :
􀂾 Pembangkit program (application/program generator)
􀂾 Pembangkitan laporan (report generator)
􀂾 Bahasa query (biasanya menggunakan SQL), dan
􀂾 Pembangkitan gambar (graphics generator).
Contoh bahasa generasi keempat :
- Oracle
- Informix
- Sybase
- PowerHouse
- Access
􀂙 Bahasa pemrograman generasi kelima
Merupakan kelompok bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah disiplin ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia. Berbagai aplikasi kecerdasan manusia adalah seperti berikut :
􀂾 Pemrosesan bahasa alami (natural language processing) yakni mengatur komputer agar bisa berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia (inggris,spanyol,perancis,indonesi dan sebagainya).
􀂾 Pengendalian robotika dengan sensor mata
􀂾 Aplikasi sistem pakar (expert system) yang meniru seorang pakar dibidang tertentu sehingga bisa menghasilkan nasihat atau pemikiran yang setara dengan seorang pakar.
Kecenderungan Pemrograman Masa Sekarang
Model pemrograman terus berkembang, sehingga kecenderungan bahasa pemrograman sekarang adalah :
1. Pemrograman Terstruktur
Pada bahasa pemrograman generasi ketiga pemrograman terstruktur mulai diperkenalkan. Secara teori instruksi semacam GOTO mulai dihilangkan dan sebagai penggantinya digunakan struktur control program.
2. Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming atau OOP) adalah mengkombinasi data dan prosedur-prosedur untuk mengakses data dan prosedur-prosedur untuk mengakses data menjadi sebuah kesatuan unit. Unit dikenal dengan nama objek (object). Objek sebenarnya mencerminkan pola kerja manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah objek diibaratkan sebagai departemen-departemen di dalam sebuah perusahaan bisnis, misalnya departemen pemasaran,akuntansi maupun personalia.
Pemrograman berorientasi objek memiliki tiga karakteristik utama
􀂾 Pengkapsulan
Merupakan pengemasan data dan prosedur dalam objek. Pengkapsulan merupakan penyembunyian informasi (information hiding) yang diterapkan pada pemrograman terstruktur sehingga data tidak dapat diakses secara langsung oleh pihak luar objek.
􀂾 Pewarisan
Merupakan sifat dalam bahasa berorientasi objek yang memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain.
􀂾 Polimorfisme
Merupakan suatu konsep yang menyatakan sesuatu nama yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan prilaku yang berbeda.
3. Pemrograman Visual
Pemrograman visual menggunakan konsep yang disebut pemrograman berorientasi objek dan pemrograman yang dikendalikan oleh kejadian. (even driven). Oleh karena pemrograman visual menggunakan pemrograman berorientasi objek, komponen-komponen yang menyusun antarmuka berupa sejumlah objek. Setiap objek memiliki properti atau data , kejadian dan metode tertentu.
􀂾 Properti adalah segala atribut yang menyangkut objek. Misalnya formulir memiliki property yang berkaitan dengan judul formulir (misalnya pada Visual dBase disebut text). Artinya melalui property ini judul formulir dapat diubah.
􀂾 Kejadian menyatakan berbagai aktivitas yang akan dipantau oleh program dan aktivitas ini telah didefinisikan oleh sistem. Misalnya terdapat kejadian klik pada tombol perintah. Dengan memberikan kode terhadap kejadian ini, maka kode ini akan dijalankan kalau pemakai mengklik tombol.
􀂾 Metode adalah suatu fungsi atau prosedur yang melekat pada objek.
G. PERANGKAT LUNAK MENURUT BIAYA
Berkaitan dengan biaya untuk mendapatkannya perangkat lunak dapat dikelompokan menjadi :
1. Perangkat lunak komersial
2. Shareware
3. Freeware
Perangkat lunak komersial :
Adalah perangkat lunak yang harus dibeli kalau pemakai bermaksud menggunakannya. Perangkat lunak seperti Microsoft Office merupakan contoh perangkat lunak komersial.
Shareware
Adalah perangkat lunak yang bisa digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dievaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali dan jika sesudah masa tersebut berlalu pemakai bermaksud tetap menggunakannya maka ia perlu membayar ke pembuat pembuat perangkat lunak tersebut.
Freeware
Adalah perangkat lunak yang dapat dipakai oleh siapapun tanpa perlu membayar sama sekali.
Open Source Software
Sebelum open source digunakan, perangkat lunak yang tersedia dalam bentuk biner maupun kode sumber biasa disebut free software. Menurut Stallman (1999), sebuah program dikatakan sebagai free software bagi pemakai jika:
􀂾 Pemakai memiliki kebebasan untuk menjalankan program tersebut untuk tujuan apa saja.
􀂾 Pemakai memiliki kebebasan untuk mengubah program sesuai dengan kebutuhannya.
􀂾 Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan kembali salinannya, baik secara gratis atau dengan biaya.
􀂾 Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan versi hasil modifikasi dari program sehingga komunitas dapat memperoleh manfaat dari pengembangan pemakai.
Jadi pengertian “free” pada free software cenderung kearah kebebasan (freedom) dan bukannya free dalam arti gratis. Stallman (1999) juga menjelaskan bahwa free software dan open source sebenarnya menyatakan keadaan yang sama terhadap perangkat lunak, tetapi memiliki perbedaan pandangan. Dapat dikatakan bahwa open source menekankan pada kehandalan dan fleksibilitas dalam mengembangkan program, sedangkan free software. Menekankan pada kebebasan dari pengontrolan oleh pihak lain.
Definisi resmi tentang open source tercantum pada situs http://www.opensource.org/osd.html. Secara prinsip open source memperkenankan siapa saja untuk mendistribusikan perangkat lunak yang tergolong sebagai open source secara gratis atau dengan bayaran dan tak ada royalty atau kompensasi yang perlu diberikan. Prinsip penting lainnya adalah bahwa sekiranya terdapat orang yang mengubah kode sumber,referensi terhadap pencipta asalnya tetap perlu dituliskan, sebagai bentuk penghargaan.
Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang shareware,freeware dan open souce atau untuk mendapatkan perangkat lunak itu silahkan mengunjungi situs-situs berikut :
􀂾 http://www.shareware.com/
􀂾 http://www.simtel.net/
􀂾 http://www.intrastar.net/
􀂾 http://www.bestdowmload.com/
􀂾 http://www.opensource.org/
􀂾 http://www.free-soft.org/
􀂾 http://www.asp-shareware.conm/

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons