Thursday, September 30, 2010

penunjang perangkat internet

Sebelum membahas aspek-aspek teknis dalam sistem komputer perlu kita pahami tentang satuan-satuan yang bersifat spesifik dan untuk memudahkan pemahaman terhadap satuan-satuan yang digunakan, berbagai satuan yang perlu diketahui akan dibahas terlebih dahulu.
1. Bit / Byte
Sistem komputer bekerja atas dasar bilangan biner , yang disebut bilangan biner adalah bilangan yang hanya mengenal digit 0 dan 1 atau hanya ada dua digit yang dipakai. Pada sistem matematika bilangan seperti ini disebut bilangan berbasis 2. Nilai 0 atau 1 biasa disebut bit (binary digit). Pada Sistem komputer digit “0” berati “tidak ada” dan digit 1 menyatakan “ada”.
Sebuah bilangan berapa pun dapat dinyatakan dengan sederetan digit 0 dan 1. Sebagai contoh :
10000010
Adalah bilangan biner yang mengandung 8 digit dan identik dengan bilangan 130 dalam sistem bilangan yang umum kita pakai ( disebut sistemdesimal atau sistem bilangan berbasis 10. Untuk menghitung ekuivalensi bilangan diatas dengan bilangan decimal bisa dilakukan penguraian seperti berikut :
10000010 = 1x27 + 0x26 + 0x25 + 0x24 + 0x23 + 0x22 + 1x21 + 0x20 = 130.
2. Satuan Waktu
Kecepatan komputer dalam memproses sebuah instruksi sangatlah tinggi. Orde waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah instruksi jauh dibawah 1 detik. Oleh karena itu perlu kiranya mengetahui berbagai satuan waktu seperti tabel berikut:.
Satuan
Ekuivalen
Milidetik
1/1.000 detik
Mikrodetik
1/1.000.000 detik
Nanodetik
1/1.000.000.000 detik
Pikodetik
1/1.000.000.000.000 detik
3. Satuan Frekuensi
Frekuensi diukur dengan hertz. Frekuensi berati jumlah siklus dalam satu detik. 1 Hertz berati dalam satu detik terbentuk sebuah siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar yaitu kilohertz dan megahertz. 1 Kilohertz (KHz) = 1000 Hertz(Hz) dan 1 megahertz (MHz) = 1000 Kilohertz
1. SISTEM KOMPUTER
Telah diketahui bahwa komputer merupakan bagian dari sistem informasi dan merupakan perangkat keras. Sebagai sebuah sistem, komputer tersusun atas sejumlah komponen. Umumnya komponen-komponen dalam sebuah mikrokomputer (PC) dibagi menjadi :
• Unit pemroses pusat atau dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit)
• Memori Utama (main memory)
• Peranti masukan (input device)
• Peranti keluaran (output device)
• Piranti penyimpan sekunder
Hubungan antar komponen dalam sistem komputer diperlihatkan pada gambar berikut :
Bus
Bus dapat dibayangkan sebagai suatu jalan atau saluran. Bus berperan sebagai tempat data melintas dari suatu komponen ke komponen yang lain. Terdapat 3 macam lintasan bus, yaitu :
• Bus data berfungsi untuk melewatkan data dari dan ke memori utama.
• Bus alamat digunakan untuk mengirimkan isyarat yang menyatakan alamat dalam memori utama.
• Bus pengendali berfungsi untuk mengirimkan isyarat yang menyatakan data dibaca atau ditulis dari dan ke memori utama,peranti masukan atau peranti keluaran.
Bus memiliki karakteristik yang disebut lebar bus (jumlah bit yang dapat dilintaskan dalam sekali waktu) dan kecepatan bus (menyatakan kecepatan data yang dapat disalurkan dalam bus). Lebar bus dinyatakan dalam satuan bit dan kecepatan bus dinyatakan dengan satuan MHz.
A. CPU
CPU (central processing unit) atau disebut processor sering dikatakan sebagai otak komputer. Penganalogian seperti ini sebenarnya tidak tepat sepenuhnya, karena salah satu fungsi otak yaitu mengingat tidak merupakan bagian CPU (melainkan ditangani oleh komponen yang disebut memori).
Pada masa sekarang,komponen CPU merupakan sebuah mikroprosessor dengan ukuran yang relatif kecil. Mikroprosessor sendiri adalah sebuah komputer dalam sebuah chip. Chip adalah sekeping bahan semikonduktor yang mengandung sejumlah komponen.
CPU mengandung dua buah bagian terpenting yaitu :
1. Unit Kontrol (Control Unit)
Berfungsi mengendalikan seluruh komponen dalam sistem komputer, seperti otak manusia yang mengontrol seluruh saraf dalam tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat digerakan atau dikendalikan.
2. Unit Aritmetika dan Logika
Berperan dalam melaksanakan operasi-operasi perhitungan (aritmetika) seperti pengurangan,penjumlahan dan pengalian maupun operasi pembandingan (logika) seperti membandingkan suatu nilai bernilai nol atau tidak.
ALU memiliki komponen yang disebut register. Komponen ini berupa memori khusus yang berkecepatan tinggi yang dipakaim untuk menyimpan hasil-hasil sementera operasi ALU dan untuk menyimpan informasi pengendalian tertentu.
Mutiprosesor
Pada beberapa sistem komputer jumlah prosesor yang didukung bisa lebih dari satu. Pada saat ini sebuah PC pun bisa mengandung 2 sampai dengan 4 prosesor. Sedangkan workstation dapat memiliki 20 prosesor, bahkan supercomputer IBM yang digunakan pada Departemen Energi Amerika Serikat memiliki 8192 prosesor yang bekerja secara tandem dan dapat menjalankan 10 triliun perhitungan per detik (Turban,McLean dan Wetherbe,1999).
Sistem Multiprosesor seringkali dibedakan menjadi :
• SMP (Symmetric Multiprocessor)
Merupakan sistem multiprosesor dengan masing-masing prosesor bekerja secara sendiri-sendiri (tidak saling tergantung). Pada sistem ini sebuah CPU bisa jadi sedang menangani suatu proses, misalnya sedang mengolah lembar kerja dan CPU sedang melakukan proses grafis.
• Prosesor Vektor
Menyatakan suatu sistem multiprosesor dengan masing-masing prosesor dapat bekerja secara serentak dalam menangani proses perhitungan vector.
• Prosesor Paralel
Menyatakan sistem yang memiliki sejumlah prosesor dan memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Tak ada prosesor yang bertindak sebagai prosesor utama
2. Sejumlah prosesor tidak selalu mengerjakan operasi yang sama dalam waktu yang sama.
Dengan menggunakan prosesor parallel,bagian-bagian dari sebuah program dapat dikerjakan oleh prosesor-prosesor yang berbeda. Penanganan prosesor yang
melakukan proses ditangani oleh program. Prosesor jenis ini biasa digunakan pada super komputer.
• Prosesor parallel massif (massively parallel prosesor atau MPP)
• Adalah sistem yang mengandung ratusan bahkan ribuan prosesor yang dapat saling berinteraksi dengan penedekatan jaringan saraf. Prosesor seperti ini sudah diterapkan dalam bisnis. Salah satu penggunanya adalah Wal-Mart (Laudon,1998).
Berikut gambar perbedaan prosesor paralel dan prosesor paralel massif.
B. Memori Utama
Memori Utama (main memory) biasa juga disebut memori primer (Primary memory) dan memori internal (internal memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini, yang disimpan didalam memori dapat berupa data atau program. Secara lebih rinci, memori utama berfungsi untuk :
• Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU untuk diproses.
• Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke peranti keluaran.
• Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau peranti pengingat sekunder.
Memori biasa dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik (komputer hidup). Selain itu RAM dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
2. ROM (Read-Only Memory) adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca. Disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.
Chache Memory
Adalah memori yang memiliki kecepatan sangat tinggi yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU. Memori ini mempunyai kecepatan lebih tinggi daripada RAM, tetapi dengan harga yang lebih mahal. Memori ini digunakan untuk menjebatani perbedaan kecepatan CPU yang sangat tinggi dengan kecepatan RAM yang jauh lebih rendah. Dengan menggunakan cache, sejumlah data dapat dipindahkan ke memori ini dalam sekali waktu, dan kemudian ALU akan mengambil data tersebut dari memori ini. Dengan pendekatan seperti ini, pemrosesn data dapat dilakukan lebih cepat daripada kalau CPU mengambil data langsung ke RAM.
C. Peranti Masukan
Peranti masukan (input device) adalah segala peralatan yang dapat digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer. Data yang dimasukan disini berupa teks,gambar,suara dan video. Pada saat ini yang tergolong sebagai peranti masukan cukup banyak, dari keyboard sampai pengenal suara.
Berbagai peranti masukan :
1. Peranti pengetikan :
- Pembaca kartu plomg (punched card reader)
- Keyboard
2. Peranti penunjuk
- Mouse
- Layar sentuh
- Pena bercahaya (light pen)
- Joystick
- Stylus
3. Pengenal tulisan tangan
4. Pengenal suara
5. Pengenal tulisan secara optis
- Bar code scanner
- Wand reader
- Optical scanner
6. Peranti lain-lain
- Digitizer.
- Glove,headset, dan walker
- Kamera
- Kartu cerdas (smart card)
- Kartu magnetik
- Pembaca retina mata
- Pembaca sidik jari
D. Peranti Keluaran
Peranti keluaran (output device) adalah peralatan yang digunakan untuk menyajikan hasil pemrosesan komputer.
Monitor
Monitor merupakan peranti keluaran yang umum digunakan. Pada prinsipnya monitor adalah layar video atau sering kali disebut dengan istilah VDU (Video Display Unit).
Teknologi yang lazim digunakan dalam monitor adalah CRT (cathod ray tube) yang menggunakan tabung elektronik. Piksel pada layar dibentuk karena permukaan layar berpendar akibat tembakan senjata elektron. Teknologi yang baru memungkinkan CRT ditiadakan sehingga ukuran monitor menjadi jauh lebih tipis dan menghadirkan layar yang datar. Monitor seperti ini dibuat dengan memakai LCD (Liquid Crystal Display). Teknik ini juga diterapkan pada layar laptop atau notebook.
Printer
Printer merupakan peranti yang berfungsi untuk mencetak keluaran komputer (dalam bentuk hardcopy). Printer dibedakan menjadi :
1. Impact printer
Merupakan jenis printer yang bekerja seperti mesin ketik konvensional. Cetakan pada kertas diperoleh karena terdapat pukulan pada suatu media (karbon atau pita) ke kertas. Yang termasuk dalam kategori ini, yaitu :
• Dot matrix (printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum)
• Daisy wheel (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter-karakter)
• Line printer (printer yang mencetak satu baris per waktu).
Ciri khas impact printer :
• Pelan
• Berisik
• Kualitas cetakan gambar (kalaupun bisa) tidak bagus.
2. Nonimpact printer
Merupakan printer yang tidak bekerja dengan pukulan. Termasuk dalam kategori ini adalah laser printer,thermal printer dan ink-jet printer.
Laser printer adalah printer yang bekerja atas dasar sinar laser. Hasilnya berkualitas tinggi, baik untuk teks maupun gambar.
Thermal printer adalah printer yang bekerja atas dasar panas pada kertas khusus yang peka terhadap panas.
Ink-jet printer atau terkadang disebut buble-jet printer adalah printer yang bekerja atas dasar semburan tinta dalam ukuran titik-titik yang sangat kecil ke kertas.
Plotter
Peralatan ini dilengkapi dengan sejumlah pena berwarna yang dapat digunakan untuk membuat gambar berkualitas tinggi. Misalnya untuk membuat bagan atau grafik. Banyak dipakai untuk aplikasi teknik dan arsitektur.
Keluaran Suara
Untuk menyajikan keluaran berupa suara umumnya diperlukan peranti berupa speaker. Dalam hal ini speaker yang digunakan dapat berupa speaker internal atau eksternal. Speaker internal biasa digunakan pada PC sedangkan speaker eksternal dihubungkan ke PC melalui kartu suara (sound card)
Keluaran dalam bentuk suara biasa disajikan pada aplikasi multimedia.
E. Peranti Pengingat Sekunder
Peranti ini terdiri dari semua peralatan yang dapat digunakan untuk menyimpan data secara permanen dan sewaktu-waktu dapat dibaca kembali.
1. Pita Magnetik (manetic tape)
Adalah peranti pengingat sekunder yang biasa digunakan untuk keperluan pencadangan (backup). Wujudnya bisa berupa pita dalam gulungan besar (reel tape),catridge(seperti pita video) atau kaset.
Adapun kelemahan dari pita magnetik terletak pada cara pengaksesannya. Dengan pendekatan pengaksesan sekuensial (berurutan), pembacaan data pada posisi manapun dalam pita harus dimulai dari awal. Keadaan inilah yang membuat pembacaan data pada pita magnetik menjadi lambat.
2. Piringan Magnetik (Manetic Disk)
Merupakan pengingat sekunder yang lazim digunakan pada komputer. Piringan magnetik menggunakan metode pengaksesan secara langsung, tanpa perlu membaca data yang lain.Dengan demikian pembacaan data dapat dilakukan dengan cepat.
Piringan magnetik dapat dibedakan menjadi :
• Hard disk
Merupakan pengingat sekunder yang dimaksudkan untuk dipasang secara menetap pada komputer dan tidak untuk dimaksudkan untuk dibawa-bawa.
• Disket (floppy disk)
Diciptakan dengan tujuan agar data dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain. Oleh karena yang sifatnya demikian disket biasa disebut removable disk.
3. Piringan Optik (Optical Disk)
Adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan kali dibandingkan disket. Biasa disebut compact disk (CD) atau laser optical disk)
Ada bermacam-macam piringan optic yaitu :
• CD-ROM (compact disk read-only memory)
Adalah jenis piringan optik yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Biasanya dibuat oleh vendor untuk membuat produksi masal seperti untuk menampung buku,ensiklopedi,materi multimedia atau program. Sebagai contoh, CD-ROM berukuran 4,72 inci dapat menampung 680 megabyte data.
• WORM (write once read many)
Dapat ditulisi melalui komputer, sesuai dengan namanya perekaman hanya bisa dilakukan sekali. Sesudah perekaman isinya tidak bisa dirubah. CD ini berguna untuk penyimpanan dokumen,rancangan gambar,lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan.
• CD-Rewitable
Memungkinkan data yang sudah ada pada piringan dihapus dan diganti dengan data yang baru. Prinsip kerja CD ini sebagai berikut :
1. Menggunakan panas laser untuk menghapus permukaan rekaman
2. Menggunakan kombinasi laser dan teknologi megnetik untuk menulis ke permukaan rekaman.
3. Membaca data melalui sinar laser.
• DVD (digital video disk atau digital versatile disk)
Merupakan teknologi terbaru pada piringan optic. Umumnya DVD yang sudah beredar adalah DVD yang hanya dapat dibaca (DVD-ROM) dan digunakan untuk menyimpan film-film bioskop. Namun sebenarnya DVD yang dapat ditulisipun sudah ada.. Pada tahun 1887, Hitachi mengumumkan DVD pertama yang dapat ditulisi dengan kapasitas 5,2 gigabyte. Berikut adalah berbagai jenis DVD yang tersedia dipasaran :
􀂙 DVD-R : Jenis DVD yang hanya bisa ditulisi sekali, Kapasitas 4,7 GB
􀂙 DVD-RW,DVD-RAM,DVD+RW : Jenis DVD yang dapat ditulisi berkali-kali.
􀂙 DVD-ROM : Jenis DVD yang hanya bisa dibaca.
2. EVOLUSI KOMPUTER
Komputer modern ditandai dengan kelahiran komputer elektronik yang disebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komputer ini diciptakan pada tahun 1946 di Universitas Pensylvania, Amerika Serikat, oleh Dr. John W. Mauchly dan J.Presper Eckert,Jr. Pada awalnya ditujukan untuk melakukan perhitungan balistik. Namun ketika selesai dibuat, ENIAC merupakan komputer yang serbaguna. Hingga sekarang komputer-komputer yang telah diciptakan dibagi menjadi 5 generasi.
Berikut tabel karakteristik komputer pada berbagai generasi.
Generasi
Komponen
Memori Utama
Waktu Siklus
Pertama
Tabung hampa
2 K
100 milidetik
Kedua
Transistor
64 KB
10 mikrodetik
Ketiga
IC
4 MB
500 nanodetik
Keempat
LSI dan VLSI
16 MB
800 pikodetik
Kelima
VLSI
64 MB
2000 pikodetik
1. Komputer Generasi Pertama
Era komputer generasi pertama antara tahun 1946 sampai 1956.
Ciri-ciri komputer generasi pertama yakni :
􀂙 Menggunakan tabung hampa (vacuum-tube) sebagai komponen utama untuk menyimpan dan memproses informasi, sehingga ukuran komputer menjadi lebih besar.
􀂙 Memori yang dibutuhkan berupa Delay line, tabung elektrostattik,drum magnetik.
Contoh komputer yang termasuk generasi ini adalah : ENIAC,CADAC 100 Series,datamatic 1000, EDVAC,IBM 701,702,650,704,705 dan 709, UNIVAC I dan II,SEAC,SWAC ,RCA Bizmac,Datatron 203,204 dan 205, Harvad Mark III dan IV.
2. Komputer Generasi Kedua
Masa komputer generasi kedua berkisar antara tahun 1957 sampai 1963
Ciri-ciri komputer generasi kedua yakni :
􀂙 Memakai transistor yang berukuran relatif jauh lebih kecil
􀂙 Lebih handal
􀂙 Lebih murah dan tidak sepanas tabung hampa
􀂙 Semua komputer generasi kedua menggunakan memori berupa inti magnetik.
􀂙 Digunakan untuk aplikasi bisnis dan sains
Contoh komputer generasi kedua adalah : CDC 1604,3600,Ferranti atlas,Honeywell 800,IBM Seri 7000 dan IBM seri 1400,Philco 2000,RCA 302,501 dan UNIVAC III,1107.
3. Komputer Generasi Ketiga
Era generasi ketiga berkisar antara tahun 1964 sampai 1979
Ciri-ciri komputer generasi ketiga :
􀂙 Menggunakan komponen IC (Integrated Circuit). Sebuah IC mengandung ratusan hingga ribuan transistor, selain itu juga mengandung resistor dan diode.
􀂙 Mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil dan memiliki kemampuan yang jauh meningkat daripada generasi kedua
Contoh komputer yang termasuk generasi ini adalah : Amdahl 470 VC/6 system, Burroughs B5500,B6700,1700,CDC 6000,Cyber 70 series,DEC PDP-10,11,GE 400,600,IBM S/360,S/370,System 3,UNIVAC 1108,1110,9400.
4. Komputer Generasi Keempat
Dimulai tahun 1980 dan berlangsung hingga sekarang.
Ciri-ciri komputer generasi keempat :
􀂙 Menggunakan teknologi LSI (large scale integration) dan VLSI (very large scale integrated). Teknologi VLSI memungkinkan sebuah chip yang berukuran kecil dapat mengandung ratusan ribu transistor dan komponen elektronika yang lain.
Yang termasuk generasi ini adalah IBM PC,IBM AS/400,Fujitsu DS/90
5. Komputer Generasi Kelima
Berbeda dengan keempat generasi sebelumnya yang mendasarkan pada arsitektur Von Neumann, Komputer generasi kelima menggunakan massively parallel processor (MPP). Dengan pendekatan seperti ini, komputer yang murah bisa dibuat untuk menyaingi kecepatan supercomputer.
RAGAM KOMPUTER
Klasifikasi komputer beserta kegunaan masing-masing :
1. Superkomputer
Jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat, Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan paling kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer yang terkenal adalah Cray (Cray Research,Inc).
2. Mainframe
Merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar.
3. Minikomputer
Sering kali disebut sistem midrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai server.
4. Workstation
Istilah workstation sering kali membingungkan. Pada sistem yang menggunakan Novell Netware , workstation berati PC yang berkedudukan sebagai client, Namun pengertian workstation sebagai jenis komputer bukanlah seperti pengertian tersebut. Workstation adalah jenis komputer yang lebih ampuh dari kebanyakan PC.
5. Mikrokomputer
Lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atau komputer pribadi. Mikrokomputer sendiri dapat dibedakan menjadi :
􀂙 Desktop adalah jenis mikrokomputer yang berukuran besar yang umum digunakan pada rumah atau kantor.
􀂙 Laptop adalah jenis mikrokomputer yang mudah untuk dibawa berpergian.
􀂙 Notebook (mini laptop) memiliki sifat seperti laptop. Hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil daripada laptop. Secara fisik ,laptop dan notebook sering kali sulit dibedakan.
􀂙 Palmtop atau bisa disebut hendhelp PC (PC genggam) adalah komputer berukuran sedikit lebih besar daripada kalkulator sehingga bisa diletakan diatas tangan.
􀂙 PDA (Personal Digital Assistant) adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard. Beberapa PDA juga telah dilengkapi dengan keyboard mini yang dapat dilipat.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons