Thursday, September 30, 2010

Peran Internet Service Provider (ISP)

• Peran Internet Service Provider (ISP)
Internet Service Provider (ISP) merupakan sebuah badan usaha milik pemerintah dan swasta yang memberikan fasilitas layanan hubungan ke jaringan internet. ISP ada yang bersifat tertutup dan ada yagn bersifat umum. ISP yang bersifat tertutup merupakan ISP yang hanya melayani fasilitas jaringan internet untuk jaringan lokal lembaga yang bersangkutan, misalnya ISP pada ITB Bandung, UI Jakarta, SMAN 3 Bandung. Sedangkan ISP yagn bersifat umum merupakan ISP yang memberikan layanan fasilitas jaringan internet untuk masyarakat luas, baik pribadi maupun kelompok. Contohnya ISP WasantaraNet, LinkNet, IndosatNet.
Jadi, untuk menghubungkan diri ke internet, Anda perlu berlangganan ke suatu Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider—ISP). ISP dianggap sebagai pintu gerbang untuk menghubungkan diri ke internet. Anda cukup mencari ISP yang berlokasi di kota tempat tinggal Anda. Ada dua cara untuk menghubungkan diri ke internet, yaitu :

1. Dial-up Connection
Dial-up Connection merupakan akses koneksi ke Internet dimana pengguna menggunakan media perantara Modem terhubung dengan komputer dan jalur telepon yang menghubungkan pada ISP (Penyedia Layanan Internet).
Untuk Dial-up Connection ini yang kita butuhkan adalah: Perangkat keras (hardware): Komputer, Modem, Saluran Telepon. Perangkat lunak (software): disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan. Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Setelah komputer kita terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer kita sudah terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan kita di Internet. Hubungan kita ke Internet hanya terjalin selama kita mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula kompuer kita terputus dari Internet dan kembali berfungsi sebagai komputer yang biasanya kita gunakan.
2. Dedicated Connection
Dedicated Connected bersifat menetap, artinya hubungan ke internet berlangsung selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun. Jenis koneksi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau institusi-institusi dengan jumlah karyawan dan komputer yang banyak. Jika kebutuhan akses internet sudah sangat besar, maka tidak efifien untuk menghubungkan masing-masing komputer ke internet dengan jenis koneksi dial-up.
Untuk menekan biaya telekomunikasi pada suatu institusi yang menggunakan jenis koneksi ini, institusi tersebut membuat jaringan komputer lokal (LAN) di lokasinya dan menghubungkan LAN ke internet melalui suatu ISP dengan hanya menggunakan 1 (satu) buah modem dan saluran telepon sewa (leased line) yang online 24 jam. Agar semua komputer dapat dibuat jaringan, maka setiap komputer harus dilengkapi Ethernet Card. Agar jaringan LAN anda dapat disambungkan dengan internet, LAN harus dihubungkan dengan salah satu ISP melalui Router dan Modem khusus. Saat LAN Anda tersambung ke internet, setiap komputer di LAN Anda seolah-olah menjadi bagian dari internet itu sendiri.

• User ID dan Password
Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan. Manajemen password diperlukan untuk melindungi sumber-sumber informasi suatu perusahaan dari serangan penyusup yang umumnya merugikan perusahaan. Untuk melaksanakan manajemen password dengan tepat, perlu diperhatikan antara lain autentifikasi pengguna dan password, ancaman sekuritas, faktor manusia, komposisi aturan, mengubah dan menggunakan kembali password, kerahasiaan, deteksi penyusup, enkripsi, sinkronisasi, mendukung user, dan password windows.

SOAL
1. Apakah internet itu?
2. Apa yang Anda dapatkan dari internet?
3. Jelaskan tentang e-learning!
4. Sebutkan perangkat keras yang diperlukan untuk akses internet?
5. Jelaskan 2 cara meghubungkan diri ke internet!
6. Jelaskan tata cara setting Modem dengan Ms Windows 9x!
7. Jelaskan tentang Internet Service Provider (ISP)!
8. Carilah 5 nama dan alamat ISP lain yang ada di Indonesia!
9. Carilah perusahaan ISP di Indonesia yang menyediakan jasa layanan koneksi ke internet tanpa harus berlangganan!
10. Mengapa manajemen password diperlukan?



DAFTAR PUSTAKA

• http://dhani.singcat.com
• http://genesis.petra.ac.id/puskom/tutorial/diallingtelkomnet.htm
• http://id.wikipedia.org
• http://sekolah2000.or.id
• http://www.sijiwae.net
• http://www.telkom.net/teknis_setting_modem.php
• http://www.telkomnetinstan.com/?mode=teni
• Syamsuardi, ”Teknologi Informasi & Komunikasi”, Jilid 3 untuk SMA Kelas XII, Penerbit Erlangga, 2004.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons