Thursday, September 30, 2010

Milis (Mailing List)

E. Milis (Mailing List)
1. Apa Itu Mailing List
Mailing list merupakan satu salah fasilitas internet untuk berdiskusi melalui email, kelompok diskusi mailing list ada banyak sekali dan dibagi menjadi 2 kategori:
a. Berdasarkan topik, topik mailing list beraneka ragam mulai dari tentang hobby memelihara ikan sampai penelitian tentang NASA, biasanya mailing list ini terbuka untuk umm.
b. Berdasarkan kelompok tertentu, misalnya mailing list Medan-Linux, HMI, Alumni-Binus, KAMMI, PK-Sejahtera, PAN, , PEMA, BEM, dll. Biasanya mailing list ini tertutup atau hanya untuk anggota saja.
2. Pendaftaran Mailing List
Mailing list diatur oleh server mailing list, server atau penyedia mailing list gratis yang paling terkenal adalah Yahoogroups. Untuk mengikuti mailing list anda harus mendaftar terlebih dahulu. Cara pendaftaran mailing list ada dua cara :
a. Via web :
Pendaftaran mailing list melalui web, misalnya mailing list di Yahoogroups
• Buka home page milis di http://groups.yahoo.com
• Misalnya nama milis ilmukomputer.com, maka url home page milis di http://groups.yahoo.com/group/ilmukomputer Kemudian klik Join untuk mendaftar dan ketik alamat email anda

b. Via email
Pendaftaran mailing list melalui email :
Kirim email ke namamilis-subscribe@yahoogroups.com Misalnya nama milisnya kammi_sumut, maka kirim email ke temanggung@yahoogroups.com Setelah mendaftar mailing list (baik via web atau via email), maka secara otomatis server mailing list akan mengirim email konfirmasi kepada subscriber (pendaftar). Cek segera inbox email anda bila pendaftaran yang pertama berhasil maka akan ada message dari ‘Yahoo Groups’ dengan subject ‘Please Confirm Your..’, segera balas email tersebut apa adanya (tanpa dikotak-katik). Bila berhasil anda telah menjadi subsciber (anggota mailing list).
3. Membuat Mailing list sendiri di Yahoo
a. Buka url http://groups.yahoo.com



b. Setelah Muncul Tampilan Seperti diatas maka Klik “ Sign In “ ini jika anda sudah mempunyai account di Yahoo. Jika tidak maka “ Click here to register “ perintahnya sama ketika kita membuat email di Yahoo.com.

c. Jika anda ingin membuat Group Milis sendiri maka klik “ Start a new Group! “ dan pilih kategory milis yang ingin kita buat pada Browse Group Categories, sesuaikan dengan choice yang disediakan. Misal : Programming Languages dstnya........

d. Setelah selesai maka Klik

e. Masukkan Group Name

f. Masukkan Email anda di Enter your Group email address

g. Isikan Describe dari Milis anda berupa Salam pembuka untuk Milis yang dimaksud.

h. Setelah selesai maka klik Continue untuk masuk ke step berikutnya
i. isikan form diatas dan klik Continue

j. Jika berhasil maka akan ditampilkan nama milis yang telah anda buat. Lalu lanjutkan untuk membuat Konfigurasi Milis anda dengan mengklik “ Customize Group” atau jika ingin standart maka langsung saja ajak rekan2 anda untuk bergabung di Milis anda dengan mengklik “ Invite People “ .

4. Membuka dan Menjawab diskusi mailing list
a. pada halaman inbox, buka mailing list yang masuk dengan cara meng-klik judul mailing list tsb, ciri email mailing list ilmukomputer adalah judul emailnya diawali dengan Subject:[ilmukomputer] OOT: hasil Kloning PC!!!
b. isi email mailing list akan segera tampil pada halaman web
c. untuk membalas email tersebut, kilk ikon Reply
d. selanjutnya akan muncul halaman seperti halaman compose, hanya bedanya pada To, dan Subject sudah ada tulisan, kita tidak perlu merubah kolom tersebut.
e. Ketiklah kata-kata balasannya, kemudian klik Send

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons