Monday, October 4, 2010

maju bersama google

Google Design Principles; Very Inspiring

May 7, 2008 Kategori : Internet
Google adalah perusahaan dotnet yang kita yakini sebagai yang terbesar sejauh ini. Saya tergoda untuk mempelajari beberapa filosofi yang mereka anut dalam proses pengerjaan segala macam proyeknya. Kali ini saya mengutip dari situs resmi google.com dan mengintip sedikit apa yang sebenarnya mereka tanamkan di saat mereka mendesain sebuah program, engine, atau web. Dan berikut adalah 10 prinsip tentang designing yang akan selalu diterapkan saat berkutat tentang project.
1. Focus on peopletheir lives, their work, their dreams.
Ternyata Google sangat memperhatikan para pengguna jasanya, dalam hal ini tentu saja Manusia. Google sangan konsen tentang kehidupan manusia, apa pekerjaan sehari-harinya dan apa saja mimpi-mimpinya. Tim google terlatih untuk bisa mencari apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh Manusia, termasuk kebutuhan-kebutuhan yang kadangkala tidak bisa dihitung atau dikalkulasikan. Setiap hasil karya Google harus meningkatkan kualitas hidup orang tersebut. Dan tentunya sangat mudah untuk digunakan dalam membantu melakukan kegiatan sehari-hari.
2. Every millisecond counts.
Tidak ada suatu hal yang lebih berharga dibandingkan waktu. Semua halaman Google harus dapat dengan cepat dibuka. Google menempatkan fitur-fitur penting pada lokasi yang mudah untuk dicari dan mudah dikenali sehingga tidak akan membuat user menjadi bingung dan pusing. Aksi klik, mengetik atau langkah-langkah yang membuang-buang waktu akan dieliminasikan. Kecepatan adalah sebuah keunggulan bagi Google dan tentunya tidak akan dikorbankan apabila tidak disertai dengan alasan yang memang masuk akal.
3. Simplicity is powerful.
Kesederhanaan desain selalu menjadi elemen yang mengisi ruang lingkup pekerjaan Google, kemudahan untuk mempergunakan, tampilan visual, kecepatan dan aksesibilitas adalah impak yang bagus karena adanya kesederhanaan tersebut. Kesederhanaan dimulai dari filosofi tentang apa fungsi dasar dari sebuah project atau program tersebut diciptakan. Google tidak akan menampilkan program yang terlalu banyak fitur yang justru tidak membantu sama sekali untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai oleh pengguna. Walaupun program yang ada harus berisi hal-hal yang kompleks dan rumit, Google akan tetap menjaga kesederhanaan di dalamnya dengan sempurna.
4. Engage beginners and attract experts.
Menarik minat para pemula dan sangat berguna bagi para ahli. Semua program atau project hasil kreasi Google harus bisa menjadi rujukan bagi para pengguna yang masih pemula maupun yang sudah sangat ahli secara sekaligus. Bukan berarti apa yang nampak sederhana di tampilan visualnya berarti tidak memiliki kekuatan yang dahsyat di fitur yang menjadi atributnya, sehingga akan memuaskan para pengguna yang memang menghendakinya.
5. Dare to innovate.
Berarti berani untuk melakukan inovasi-inovasi. Konsistensi desain membangun sebuah pondasi yang bisa dipercaya terhadap semua produk yang diciptakan Google, membuat para user merasa nyaman, dan membantu mempermudah menyelesaikan pekerjaan. Google mendorong untuk selalu adanya inovasi yang muncul, desain-desain yang beresiko yang memang harus dimunculkan saat ingin menciptakaan sesuatu yang memang dibutuhkan oleh penggunanya. Tim Google selalu berusaha untuk mendorong terciptanya ide-ide baru yang muncul dan benar-benar bermanfaat. Google wants to change the game.
6. Design for the world.
Arena World Wide Web telah terbuka lebar dan menyediakan banyak hal yang bisa kita cari disana, darimanapun dan kapanpun. Banyak orang yang telah menggunakan fasilitas internet melalui mobile gadgets nya. Tujuan Google adalah mendesain sebuah produk yang memang benar-benar relevan dan tersedia melalui media ataupun metode yang di mata para pengguna memang masuk akal. Google bisa dioperasikan di browser yang sudah tidak up2date, Google bisa dioperasikan dengan koneksi yang memang lambat, apabila hal tersebut memang diperlukan. Dan Google juga mempersilahkan para penggunanya untuk menentukan bagaimana mereka ingin melihat (view) produk tersebut (e.g. screen size, font size) dan bagaimana mereka ingin mengoperasikannya. Google memiliki misi bahwa semua informasi yang bersifat global, universal dan general memang dapat diakses dengan cara yang diingini oleh para penggunanya. Ingin semua produk nya menjadi sangat simple dan bersifat inklusif.
7. Plan for today’s and tomorrow’s business.
Produk komersil Google selain menghasilkan banyak uang, juga dapat dipastikan selalu berguna bagi para penggunanya. Untuk bisa mewujudkan gol tujuan tersebut, tim desainer akan selalu memastikan bahwa apa yang menjadi tujuan bisnis perusahaan harus sama dengan apa yang diidam-idamkan oleh para pengguna. Tim akan memastikan bahwa iklan-iklan yang terpasang di Google adalah iklan yang relevan, berguna dan beridentitas jelas. Google tidak akan pernah mencoba untuk meningkatkan revenue dari sebuah produk apabila pengambilan putusan tersebut berpotensi untuk mengurangi jumlah pengguna Google di masa yang akan datang. Apabila desain menjanjikan untuk mendatangkan keuntungan tapi tidak menyenangkan bagi pengguna nya, itulah saatnya tim Google akan kembali ke papan gambar. Tidak semua produk harus menghasilkan uang, dan tak ada satupun hal menghasilkan sesuatu yang buruk untuk bisnis
8. Delight the eye without distracting the mind.
Apabila pengguna melihat hasil desain Google dan berkomentar ” Wow, it’s vey beautiful” hal tersebut tentunya akan membuat tim merasa puas dan tersenyum. Kesan pertama yang impresif dan indah akan membuat pengguna merasa nyaman, langkah selanjutnya adalah membuat mereka yakin bahwa produk yang sedang mereka pakai memang handal dan profesional. Dan tentunya akan mendorong pengguna untuk menciptakan produk mereka sendiri. Sebuah estetika yang minimalis adalah hal yang paling masuk akal untuk hampir semua desain produk Google. Bersih, bebas dari guratan iklan-iklan yang tidak penting akan mempercepat proses loading dan tidak akan membuat bias tujuan penggunaan yang sebenarnya. Simple dan elegan memang tidak selamanya cocok untuk semua produk, tapi aspek audience dan konteks kultur memang kadang berperan sangat besar. Desain visual produk Google harus menguntungkan dan menyenangkan bagi pengguna dan harus mampu meningkatkan nilai guna itu sendiri bagi users.
9. Be worthy of people’s trust.
Sebuah desain yang baik bisa jadi akan menjadi sebuah perjalanan yang panjang untuk dapat memperoleh kepercayaan dari para penggunanya. Membangung kehandalan produk Google semuanya dimulai dari aspek yang paling mendasar – sebagai contoh untuk dapat memastikan bahwa interface yang ada memang efisien dan profesional, perintah-perintah yang ada dapat dengan mudah untuk dijalankan, iklan yang ada benar-benar teridentifikasi dengan jelas, terminologinya konsisten, dan pengguna tidak akan pernah tekejutkan dengan sesuatu yang tidak menyenangkan. Tantangan yang lebih hebat adalah bagaimana untuk mendemonstrasikan betapa Google sangat menghargai hak-hak dari para pengguna untuk memiliki dan mengontrol data mereka masing-masing. Produk Google selalu concern terhadap pelanggan dan memperingatkannya berkaitan dengan koneksi yang tidak aman, kebijakan tentang privasi yang berbeda antara satu website dengan website yang lain. Google akan selalu memastikan kembali secara jujur kepada pengguna, terutama mengenai data sharing, sehingga pengguna selalu diinformasikan tentang pilihan-pilihan yang tersedia.
10. Add a human touch.
Google terdiri atas berbagai macam personality yang bervariasi dan memiliki identitasnya masing-masing, demikian dengan desain Google yang selalu memiliki personality masing-masing. Element text / font dan desain akan selalu bersifat friendly, quirky dan smart. Tidak membosankan, tidak tertutup dan tidak arogan.
Google memang bukanlah pihak yang tahu tentang segala hal, dan tidak ada satu buah desainpun di dunia ini yang sempurna. Produk Google selalu membutuhkan feedback, dan Google akan beraksi untuk menanggapi segala bentuk feedback yang masuk. Di saat Google berusaha untuk menerapkan prinsip-prinsip desain yang ada, Tim akan memastikan ketersediaan waktu untuk produk yang akan dibangun. Then Let the cycle of iteration, innovation, and improvement continues….
-----
Untuk langganan info coba masukan alamat email saudara di sini:
Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons