Wednesday, March 16, 2011

mengandung www atau tanpa www untuk wordpress

Uniform Resource Locator (URL) sebuah blog atau situs bisa mengandung www atau tanpa www. Secara pribadi, saya cenderung menyukai URL ber-www. Oleh karena itu, saya selalu menambahkan www pada blog-blog yang saya miliki.
Penambahan ini dilakukan sebelum instalasi wordpress dengan menggunakanautoinstaller Simple Script di BlueHost. Saya berasumsi bahwa hal yang sama bisa saya lakukan ketika menginstal wordpress menggunakan Fantastico De Luxe di Hostgator. Ternyata, asumsi saya itu keliru karena autoinstaller ini tidak menyediakan pilihan penambahan www.
Jadinya, setiap blog yang saya hosting di Hostgator tidak memiliki www di URL-nya. Untuk mengatasi hal ini, saya mencari beberapa informasi terkait penambahan www via Fantastico De Luxe. Namun, tidak mendapatinya.
Secara tidak sengaja saya menemukan solusinya minggu lalu saat menginstal wordpress di Media Temple. Saat memilih domain yang hendak diinstal wordpress, ada keterangan untuk tidak menambahkan www di nama domain tersebut. Lebih lanjut, keterangan itu menyebutkan bahwa penambahan www bisa dilakukan di bagian General Setting dasbor blog (setelah instalasi wordpress).
Terpacu keterangan tersebut, saya login ke blog yang baru saja diinstalkan wordpress tersebut. Pada bagian General Setting terdapat WordPress address (URL) dan Site address (URL). Contoh setting URL tanpa www seperti di bawah ini.
URL Setting tanpa www
Saya lalu menambahkan www pada kedua URL tersebut lalu menyimpannya dengan menekan Save Change. Tampilannya menjadi seperti di bawah ini.
URL setting dengan www
Setelah perubahan itu disimpan, muncul peringatan error. Namun, itu tidak menjadi masalah. Saya mengecek alamat URL baru untuk memastikan bisa tidaknya diakses. Ternyata, bisa diakses. Dengan kata lain, penambahan www pada URL blog saya berhasil.
URL blog lama
Apakah terjadi broken link bila URL blog lama ditambahi www? Mungkin pertanyaan itu ada di pikiran Anda. Menurut pengalaman saya, tidak terjadi broken link.
Namun, sebelum Anda menambahkan www pada URL blog lama Anda, sebaiknya Anda cek dulu PageRank blog Anda. Biasanya suka ada perbedaan antara URL domain dengan www dan tanpa www. Bila tidak ada perbedaan PageRank, Anda akan leluasa menambahkan www pada URL blog lama Anda.
Selamat mencoba!
Catatan: cara ini hanya bisa dilakukan pada blog wordpress dengan self-hosting.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons