Wednesday, March 16, 2011

Apakah Anda mengalami kesulitan dengan topik blog yang Anda pilih?

Apakah Anda mengalami kesulitan dengan topik blog yang Anda pilih? Apakah Anda merasa telah salah memilih topik tersebut karena blog Anda tidak kunjung berkembang? Jika jawabannya ya, analisislah blog sukses yang setopik dengan blog Anda mulai sekarang juga. Dengan menganalisisnya, Anda akan tahu pola kesuksesan dan apa saja kekurangan blog tersebut sehingga Anda bisa menyediakannya. Bagaimana caranya?
Di bawah ini adalah 4 tips manjurnya.

1. Identifikasi blog sukses

Sebelum menganalisis, Anda tentunya harus tahu dulu blog sukses yang setopik dengan blog Anda, bukan? Cara mengidentifikasi blog-blog tersebut di antaranya:
  • Lihat daftar blog terbaik di situs Technorati – Situs ini menyediakan  Top 100 Blogs yang diranking berdasarkan Technorati Authority. Daftar blog terbaik ini diperbaharui sehari sekali dan dikelompokkan dalam beberapa kategori, misalnyatechnologyentertainmentlifestylebusinessblogging, dan sebagainya.
  • Cari di Google Blog – Caranya ketikkan topik blog Anda di Google Blog lalu tekan tombol Cari blog. Hasil pencarian bisa Anda lihat melalui beragam fitur, mulai sejam lalu, minggu lalu, bulan lalu, sampai kapanpun.

2. Analisis

Setelah menemukan blog sukses yang sesuai, luangkan waktu Anda untuk menganalisisnya. Area yang dianalisis antara lain:
Konten
  • Apa kategori yang ada?
  • Bagaimana tipe tulisannya, apakah tutorial, postingan daftar, opini, atau yang lainnya?
  • Apa postingan terpopulernya?
  • Seberapa sering blog tersebut menerbitkan postingan?
  • Apa target pengunjung blog tersebut, untuk pemula ataukah lanjut?
Partisipasi pengunjung
  • Postingan apa yang paling banyak dikomentari?
  • Pertanyaan apa yang diajukan pengunjung dalam komentar?
  • Media apa yang digunakan blog tersebut untuk melibatkan partisipasi pembacanya (misalnya twitters, facebook, forum, dan lain-lain)?
  • Apakah blog tersebut menerima tulisan blogger tamu?
Desain
  • Apa kesan pertama Anda terhadap blog tersebut?
  • Pilihan apa yang ditawarkan untuk berlangganan?
Monetisasi
  • Siapa target pengiklan yang dibidik blog tersebut?
  • Jenis afiliasi apa yang dipromosikan?
  • Apakah blog tersebut menggunakan PPC, CPM, atau iklan link teks?
Trafik
  • Berapa ranking alexanya?
  • Berapa pengunjung per harinya (jika blog tersebut menyediakan sitemeter atau pencatat trafik lainnya)?
SEO
  • Siapa yang melink ke blog tersebut? Anda bisa mengeceknya melalui link:nama domain di Google.
  • Bagaimana blog tersebut membangun link?
  • Apakah postingannya diformat, misalnya H1, H2, atau H3?
Area analisis tidak hanya terpaku pada poin-poin di atas. Anda bisa menambahkan area lain yang Anda butuhkan.

3. Temukan pola suksesnya

Setelah Anda menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas, temukan pola kesuksesan blog tersebut. Misalnya, postingan terpopulernya adalah berjenis tutorial. Anda bisa mengadaptasi jenis ini untuk postingan Anda. Atau, bila postingan terpopulernya berupa berita terkini, Anda juga bisa mengadaptasinya.

4. Buat blog Anda beda dari blog tersebut

Setelah Anda tahu pola suksesnya, buatlah blog Anda beda dari blog yang Anda analisis. Cara sederhananya dengan melihat kekurangan yang ada di blog tersebut. Misalnya:
  • Apa tema tulisan yang belum dibahas blog tersebut?
  • Apakah pembahasannya mendalam?
  • Apakah tutorialnya disertai screenshot?
  • Perkembangan terbaru apa yang belum ada di blog tersebut?
  • Tools apa yang belum disediakan blog tersebut?
  • Dan lain-lain
Semakin banyak kekurangan blog tersebut yang bisa Anda temukan, semakin besar peluang Anda untuk menyediakannya. Dengan demikian, blog Anda menjadi unik (beda).
Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat menganalisis blog sukses yang setopik dengan Anda!

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons